bisnis online yang paling laris

Rahasia Menjadi Bisnis Online yang Paling Laris

Posted on

Menjadi bisnis online yang paling laris dibandingkan para kompetitor tentu membutuhkan proses yang tidak sebentar. Semuanya dimulai dari ide awal, lalu berani menjalankannya dengan membuat toko hingga optimalisasi, dan mengembangkan dari waktu ke waktu. Akan tetapi, ada ‘resep rahasia’ di mana Anda bisa lebih cepat dalam memenangkan persaingan bisnis dengan kompetitor.

Bagaimana Cara Menjadi Bisnis Online yang Paling Laris?

Menjual produk secara online bisa dibilang merupakan cara yang sangat efektif, karena banyaknya pelanggan yang dapat dijangkau. Dalam beberapa hal, dunia online adalah media yang tepat, tetapi yang perlu diingat adalah di luar sana jutaan pelanggan potensial juga dapat mengakses ribuan pesaing Anda.

Lantas bagaimana cara menjadi bisnis online yang paling laris di antara para pesaing? Coba tekuni lima tahapan berikut ini.

 

1. Mulai dan jalani saja

Segala hal mungkin akan terasa lambat ketika Anda pertama kali memulai bisnis online. Namun semakin banyak waktu dan upaya yang Anda lakukan untuk membuat dan mempromosikan toko online Anda, maka semakin banyak penjualan yang terjadi.

Ingatlah bahwa Anda perlu menjaring sekelompok konsumen untuk memasarkan produk Anda. Segala macam upaya membutuhkan waktu dan penyesuaian. Anda perlu secara bertahap menginvestasikan energi untuk bisnis online Anda agar mampu menumbuhkan basis pelanggan, sampai ke titik di mana Anda bisa fokus pada pengembangan bisnis.

 

2. Pemilihan Niche yang Tepat

Pertanyaan pertama yang mungkin Anda tanyakan saat akan memulai bisnis baru adalah apa produk yang harus dijual. Belum tentu ada jawaban yang benar ataupun salah. Pemilihan niche sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda.

Niche yang tidak populer memiliki persaingan yang tidak terlalu ketat, artinya memberi Anda kesempatan untuk lebih sering terhubung dengan pembeli potensial. Di sisi lain, kelompok pelanggan Anda akan lebih kecil. Dengan pertimbangan tersebut, luangkan waktu memikirkan niche terbaik dan menyeimbangkan dengan tingkat persaingannya.

 

3. Memudahkan pembeli untuk membeli

Ini mungkin salah satu penentu untuk bisa menjadi bisnis online yang paling laris di antara para pesaing. Mudahkan mereka untuk memilih dan membeli produk yang mereka inginkan. Menurut survei, calon konsumen umumnya hanya memiliki sekitar 10 detik untuk mencari perhatian ketika pertama kali mendarat di halaman Anda.

Jangan mempersulit mereka atau akan banyak calon konsumen yang meninggalkan toko Anda. Setidaknya ada tiga aturan yaitu jangan memaksa mereka mendaftar sejak awal. Kemudian jangan membuat navigasi yang rumit (jika punya situs web). Terakhir, jangan membuat proses pembelian yang lama dan harus mengumpulkan banyak informasi dari pembeli.

 

4. Layanan Pelanggan yang Baik

Ketika konsumen mempertimbangkan untuk membeli sebuah barang dari situs web, Instagram, Tokopedia, dan sebagainya, mereka akan mencari jaminan sebelum membeli. Bantu mereka agar merasa percaya diri saat berbelanja.

Faktanya, berita tentang layanan pelanggan yang buruk biasanya dua kali lipat lebih cepat tersebar dibandingkan pujian untuk pengalaman layanan yang baik. Jadi, sangat penting membuat pelanggan Anda bahagia dan menciptakan pengalaman yang hebat jika Anda ingin berbisnis online.

 

5. Promosikan Bisnis Online

Tahapan terakhir adalah melakukan promosi demi promosi setiap hari. Pasalnya, memiliki situs web atau blog yang hebat saja tidak cukup untuk mendatangkan traffic dan penjualan. Coba posisikan diri Anda sebagai pembeli dan apa yang kira-kira akan mereka lakukan. Misalnya mencari di Google, meminta saran dari media sosial, atau mencari rekomendasi dari ulasan.

Tahapan ini memang akan memakan banyak waktu dan energi setiap harinya. Tetapi, kerja keras Anda untuk menjadi bisnis online yang paling laris pastinya tidak akan sia-sia. Mulai sekarang buatlah rencana yang matang dan mulai jalankan bisnis online Anda!