Cara Memulai Bisnis Online Gratis untuk Freelancer

Posted on

Memulai bisnis online gratis itu suatu hal yang mungkin jika Anda punya kemampuan spesifik yang bisa dikembangkan. Sebab, hampir tidak mungkin menjalani sebuah bisnis tanpa modal apapun, termasuk adanya kemauan dan kemampuan. Akan tetapi, sebelum memulai bisnis online jenis ini, Anda perlu memutuskan produk atau layanan seperti apa yang ingin Anda suguhkan.

 

Tips Mengawali Bisnis Online Gratis

Mulailah dengan memikirkan minat dan keterampilan Anda. Apakah ada hobi yang dapat Anda ubah menjadi bisnis? Apakah ada pengetahuan atau keterampilan yang mungkin dibutuhkan orang lain? Nah, beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda untuk memulai dari nol sebuah bisnis online bagi para freelancer.

 

BACA JUGA : Cara Membangun Bisnis Online Terpercaya dari NOL

 

1. Brainstorm Ide Bisnis

Sangat penting untuk mengumpulkan ide bisnis yang dapat Anda pilih sebagai opsi termurah atau paling menguntungkan. Ide bisnis online gratis pada dasarnya adalah menggabungkan keterampilan dan aset yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Setelah membuat daftarnya, jangan menghapus atau memfilter ide apa pun pada daftar tersebut. Anda tidak pernah tahu apakah ada ide unik yang bisa menjadi bisnis yang sukses. Di tahap berikutnya baru Anda akan bisa mengidentifikasi ide-ide yang paling layak dan terjangkau. Inti tahapan brainstorming ini adalah menulis semua ide.

 

2. Melihat Minat Pasar untuk Ide Anda

Berikutnya, Anda perlu memilih ide yang sudah pasti punya pasar. Jika tidak ada yang tertarik pada apa yang Anda tawarkan, tentu bisnis tidak akan berjalan.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan misalnya melakukan penelitian kata kunci di Google. Ingat bahwa ini adalah bisnis online, sehingga Anda dapat memulai penelitian dengan melihat kata kunci yang terkait dengan ide Anda.

Setelah itu lakukan riset pasar, sebab walaupun sebuah topik banyak dicari, bukan berarti itu adalah ide bisnis yang menjanjikan. Bersama dengan riset kata kunci, Anda seperti melakukan studi kelayakan untuk menentukan apakah ada cukup banyak orang yang mau membayar apa yang Anda tawarkan.

 

3. Menyiapkan Web Gratis

Saat ini ada cukup banyak platform yang menyediakan tempat untuk membuka toko atau situs web online secara gratis. Sebelum memutuskan platform apa yang ingin Anda digunakan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

Pertama, barang atau jasa apa yang kamu jual? Jika menjual produk nyata, berarti Anda membutuhkan platform yang berbeda dari menjual barang digital. Jika Anda menjual jasa atau layanan lepas (freelance), Anda mungkin memerlukan usaha lebih untuk membuat situs sendiri.

Akan tetapi, meskipun Anda memulai dengan platform gratis, cobalah maksimalkan fitur-fitur yang ada. Sebab, kebanyakan platform gratis memang sangat terbatas. Untuk opsi toko online gratis Anda bisa menggunakan Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dll. Sedangkan platform situs web gratis antara lain Blogger atau WordPress (versi gratis).

 

4. Bangun Situs Web Anda

Setelah menemukan platform yang cocok, segera gunakan untuk memulai bisnis online gratis Anda. Caranya adalah dengan mendaftar, lalu mulai membangun setahap demi setahap. Membaut etalase online di situs-situs e-commerce sangatlah mudah. Anda hanya membutuhkan foto produk dan bersabar untuk mengunggahnya satu persatu.

Sementara untuk membangun situs bisnis freelance atau layanan ada beberapa hal yang perlu Anda tambahkan. Misalnya bio menarik di halaman About Me, dan memberikan portofolio atau testimonial tentang pekerjaan Anda.

 

Langkah Terakhir

Sekarang situs web sudah siap dan Anda bisa mulai mempromosikan bisnis Anda. Cara di atas membuktikan bahwa memulai sebuah bisnis online gratis itu sangatlah mungkin. Tetapi, kembali lagi dengan syarat utama yaitu harus punya kemampuan spesifik dan kemauan untuk memulainya. Selamat mencoba!