bisnis online menjanjikan

Cara Membuat Kuliner Menjadi Bisnis Online Menjanjikan

Posted on

Dahulu, cara membuat bisnis kuliner menjadi booming dan dikenal banyak orang adalah dengan mengandalkan informasi dari mulut ke mulut. Tetapi dengan munculnya media sosial, situs e-commerce, terutama smartphone, kini kedai makan kecil bahkan berpotensi menjadi bisnis online menjanjikan.

Sebagai pemilik bisnis kuliner, saat ini mau tidak mau Anda harus berkutat pada hal-hal seperti konten visual, pengikut media sosial, iklan bertarget, dan identitas bisnis. Tetapi jika belum melangkah sampai ke situ, sebaiknya mulai pikirkan untuk membuat bisnis kuliner Anda go online.

BACA JUGA : 6 Ide Bisnis Online 2019 yang Patut Dicoba Menurut Forbes

Tips Bisnis Online Menjanjikan di Bidang Kuliner

Coba ikuti beberapa ide pemasaran berikut ini untuk menyulap usaha kuliner Anda menjadi sebuah bisnis online menjanjikan yang dapat menjangkau lebih banyak audiensi.

 

1. Sediakan Pemesanan Online

Terlepas dari jenis kuliner yang Anda jual, coba buka layanan pemesanan online untuk memperluas jaringan konsumen. Cukup dengan memasang nomor WhatsApp dalam banner atau pamflet, orang-orang yang tidak punya waktu untuk keluar rumah pasti akan memesan makanan Anda.

Apalagi saat ini juga ada layanan seperti GrabFood atau Go-Food yang sangat membantu UKM go online. Untuk yang satu ini Anda tidak perlu memasang nomor WA, karena konsumen pasti akan datang dengan sendirinya.

 

2. Membuat Konten di Media Sosial

Kebanyakan bisnis online menjanjikan saat ini juga memanfaatkan media sosial, terutama Instagram dan Facebook karena keduanya sangat menonjolkan sisi visual. Konten adalah raja, dan menerbitkan konten yang sarat akan nilai untuk audiensi dapat meningkatkan perhatian konsumen terhadap bisnis kuliner Anda.

Jaring konsumen dari wilayah sekitar Anda dan sering-sering buat konten untuk mencari perhatian mereka. Jangan lupa untuk menggunakan hashtag yang tepat agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

 

3. Buat Foto yang Jelas dan Menarik

Kekurangan beberapa bisnis makanan online adalah tidak menyediakan foto makanan atau minuman yang menarik. Dengan kecanggihan kamera dan aplikasi editing, Anda sekarang bisa membuat foto makanan yang berkualitas.

Sehingga saat ada calon konsumen yang melihat, bisa membuat mereka tergiur untuk membeli. Atau minimal mengingat bahwa Anda menjual makanan yang ‘sepertinya enak’ dan pada kesempatan mendatang mereka akan membelinya.

 

4. Gunakan Akun Google Bisnisku

Ini adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan untuk membuat usaha kuliner Anda menjadi sebuah bisnis online menjanjikan. Daftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku agar lokasinya muncul di hasil pencarian lokal.

Ini adalah platform yang benar-benar gratis untuk membantu UKM go online. Jadi semisal ada orang yang menuliskan “kedai makan dekat sini”, maka kedai Anda akan muncul dalam hasil pencarian, baik melalui pencarian Google atau Maps. Nah, tambahkan informasi berupa nomor WA untuk pemesanan online dalam kolom informasi Google Bisnisku.

 

5. Gunakan Jasa Influencer

Mungkin cara ini akan efektif untuk pemilik bisnis makanan atau minuman yang bisa dikirim jarak jauh. Misalnya kripik, kopi bubuk, atau makanan instan. Gunakan jasa influencer agar bisnis Anda semakin dikenal di luar daerah, terutama melalui platform Instagram. Akan tetapi, pastikan Anda memilih influencer yang sesuai dengan produk Anda.

 

Bonus

Ini juga menjadi salah satu hal yang biasanya cukup efektif untuk mendorong bisnis online makanan Anda jadi cepat dikenal dan mendatangkan banyak konsumen. Buat promo khusus untuk para pengikut di media sosial baik berupa diskon, bonus produk atau voucher.

Apakah Anda sudah mendapat gambaran soal bagaimana cara mengangkat bisnis UKM kuliner Anda menjadi bisnis online menjanjikan? Jika ada ide lain, jangan takut untuk melakukan percobaan agar menemukan formula yang paling pas.