Kategori
Search Engine Optimization (SEO)

Mitos SEO Google Yang Diketahui Para Penyedia Jasa SEO Part. 1

Para penyedia jasa seo, karena pengalamannya dalam dunia SEO yang panjang, memiliki common sense akan mitos yang sering dipercaya oleh banyak orang awam. Meskipun begitu, SEO adalah trik yang bervariasi, setiap ahli SEO memiliki masing – masing strategi. Dan strategi tidak bisa dibenarkan dan disalahkan tanpa data. Yang menjadi patokan adalah apakah strateginya bisa menjadikan suatu kata kunci di halaman pertama dengan aman dan bertahan lama.

Berikut adalah pemahaman umum yang sering dijadikan salah kaprah:

Iklan Google Ads dapat meningkatkan rangking Google secara organik

Dulu, banyak yang beranggapan begitu. Tapi berdasar pengalaman, Iklan Google Ads tidak bisa serta merta membuat posisi Google secara organik naik. Ibaratnya kita memberikan “sogokan” ke Google, dengan membayar Google dengan iklan, agar Google menaikkan suatu kata kunci secara organik. Ini salah. Ini juga dibantah oleh pemimpin webmaster Google bahwa Google tidak akan menaikkan ranking website secara organik hanya karena iklan.

Banyak contoh kasus terjadi di sini. Karena banyak website yang bisa berada di paling atas halaman pencarian bahkan dia tidak pernah iklan sekalipun. Dan banyak website yang tidak kelihatan di 5 halaman Google walaupun dia aktif iklan setiap harinya.

Faktor penentu SEO lainnya lah yang paling banyak berpengaruh. Jika pun, iklan Google akan mempengaruhi ranking suatu web, maka, itu adalah faktor yang sangat kecil.

Jumlah backlink mempengaruhi tingkat website di mesin pencari

Tidak selalu begitu. Ada benarnya tapi tidak boleh dipahami dengan hitam dan putih. Bahwa website yang memiliki banyak backlink, dilihat dari software SEO atau search console Google, akan mengalahkan website yang memiliki backlink lebih sedikit.

Salah karena memiliki backlink itu harus disertai dengan kualitas dari backlink. Memiliki 100 backlink dari web tidak berkualitas, belum tentu bisa mengalahkan 1 backlink yang web yang berkualitas dan relevan. Misalnya 100 backlink profile belum tentu bisa mengalahkan 1 backlink dari wikipedia. Apalagi jika di wikipedia itu membahan hal yang sangat relevan dimana backlink tertanam dan menuju ke halaman website.

Artikel akan bersambung ke artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *